Mata yaitu organ yang memungkinkan manusia memandang dunia. Mata berprofesi dengan mengambil sinar dari dunia di sekitar dan mengirimkan info visual ke otak. Agar fungsi penglihatan tetap berprofesi dengan baik, penting untuk menjaga kesehatan mata. Apa saja tip menjaga kesehatan mata?

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata bukan hal yang sulit untuk dilaksanakan. Sebab, Anda cukup melindungi kesehatan secara keseluruhan. Ibarat pepatah “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” adat istiadat menerapkan pola hidup sehat pada tubuh, sama dengan menjaga kesehatan mata.

Kenapa demikian?

Sebab, pola hidup yang baik dan aktif dapat nolimit city slot menurunkan risiko penyakit dan keadaan yang dapat menyebabkan masalah mata atau penglihatan. Misalnya, diabetes atau tekanan darah tinggi yang berisiko membikin mata mengalami kerusakan.

Untuk tetap menjaga kesehatan mata dan melindungi penglihatan, berikut kiat awam yang dibagikan dalam laman National Eye Institute.

Makan makanan sehat

Pastikan untuk memiliki banyak sayuran berdaun gelap seperti bayam, kangkung, dan collard hijau. Makan ikan yang tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, dan halibut juga baik untuk mata.

Aktif bergerak

Menjadi aktif secara lahiriah membantu tetap sehat. Ini juga dapat menurunkan risiko keadaan kesehatan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mata atau penglihatan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Stop merokok

Mengisap tidak cuma buruk untuk paru-paru, melainkan dapat merusak mata. Mengisap meningkatkan risiko penyakit seperti degenerasi makula dan katarak serta merusak syaraf optik.

Tip Menjaga Kesehatan Mata Si-si kecil

Masalah penglihatan tidak cuma hinggap di orang dewasa atau orang tua lanjut usia (lansia), melainkan pada si kecil-si kecil. Penglihatan yang baik akan memainkan peran penting dalam perkembangan mereka.

Karenanya dari itu, penting untuk menjalankan pemeriksaan mata pada tiap usia dan tahap kehidupannya. Kecuali itu, orang tua perlu menjaga kesehatan karena dapat memengaruhi mereka memandang, belajar, dan menikmati hidup.

Dalam catatan Centers for Disease Control and Prevention, berikut tip menjaga kesehatan mata dan penglihatan si kecil yang sedang berkembang.

Menjaga kesehatan mata dengan makan yang baik

Sama dengan orang dewasa, si kecil-si kecil harus makan makanan sehat yang kaya buah dan sayuran. Sebab, buah dan sayuran memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan.

Batasi waktu layar

Peningkatan waktu layar dapat memperburuk masalah penglihatan yang tidak dibenarkan. Membatasi waktu layar tiap hari dan membikin si kecil kerap kali istirahat dikala menerapkan segala macam perangkat komputerisasi akan membantu melindungi penglihatan mereka. Kerap beristirahat juga yaitu adat istiadat yang baik untuk dilaksanakan dikala menjalankan aktivitas penglihatan dekat lainnya, seperti membaca, menulis, atau menggambar.

Menjaga kesehatan mata dengan tidur yang cukup

Saat kita tidur, tubuh akan pulih dan terisi kembali. Ini termasuk mata kita. Kurang tidur dapat memengaruhi seberapa baik mata si kecil sembuh dari ketegangan mata sehari-hari dan iritasi di lingkungan, seperti udara kering, alergen, dan polutan.

Habiskan waktu di luar ruangan

Banyak si kecil menghabiskan waktu berjam-jam tiap hari menjalankan aktivitas penglihatan jarak dekat. Sama seperti otot-otot tubuh lainnya, otot-otot mata memerlukan waktu untuk rileks. Pergi keluar rumah memungkinkan mata mereka untuk memandang benda-benda di kejauhan, yang memberikan kesempatan bagi mata mereka untuk pulih dari ketegangan dan kelelahan mata. Bermain di luar ruangan juga membantu si kecil-si kecil aktif secara lahiriah, mendapatkan vitamin D esensial dari sinar sang surya, dan meningkatkan keterampilan sosial mereka.