Dewasa ini ramai istilah “remaja jompo”, yang slot gacor ditujukan pada anak muda tetapi sudah sering lelah beraktivitas. Hal tersebut membuktikan bahwa tidak hanya orang dewasa, namun mulai dari remaja juga perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Tulang merupakan bagian yang berperan penting dalam tubuh manusia, itulah kenapa menjaga kesehatan tulang sangat diperlukan. Lantas perilaku hidup sehat seperti apa yang dibutuhkan agar tulang tetap kuat? Yuk simak pembahasan berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Usia seseorang akan berpengaruh pada kepadatan tulangnya, di mana semakin bertambah usia, semakin berkurang kepadatan tulang. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai menjaga kesehatan tulang dari sekarang, agar kesehatan tulang Anda tetap terjaga seiring bertambahnya usia.

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Nah, sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh karena dapat membantu penyerapan kalsium.

Oleh karena itu penting untuk memastikan agar kamu tidak kekurangan vitamin d, karena apabila tulang kekurangan kalsium, maka akan lebih rentan mengalami pengeroposan dan mengurangi kepadatan tulang.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, cobalah berjemur di bawah terik matahari saat jam 9 pagi hingga jam 2 siang selama 20 sampai 25 menit. Ulangi setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu.

2. Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh, termasuk bagian tulang. Jarang bergerak dapat membuat otot dan tulang jadi semakin lemah. Penelitian juga menunjukkan bahwa, apabila seseorang tidak berolahraga secara rutin, maka akan lebih rentan mengalami masalah tulang, seperti osteoporosis.

Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan tulang dan kekuatan tulang salah satunya adalah rutin olahraga. Lakukan setidaknya 150 menit per minggu (untuk olahraga ringan) yang terbagi menjadi 5 kali sesi selama 30 menit per sesi.

3. Memperbanyak Asupan Kalsium

Selain vitamin D, memenuhi asupan kalsium bagi tubuh juga penting dalam cara menjaga kesehatan tulang. Berikut adalah beberapa jenis minuman dan makanan yang mengandung kalsium dan baik dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan tulang:

  • Kacang kedelai
  • Tahu
  • Kacang–kacangan
  • Produk olahan susu
  • Sayuran hijau (kubis dan brokoli)
  • Makanan yang terbuat dari olahan tepung yang difortifikasi (penambahan zat gizi)
  • Ikan salmon dan sarden

4. Mengonsumsi Suplemem

Cara memelihara kesehatan tulang selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Tak hanya dengan berjemur, namun Anda juga memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium melalui suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan tulang.

Orang–orang yang tinggal pada daerah tropis dengan sinar matahari melimpah setiap harinya seperti di Indonesia tidak menutup kemungkinan bahwa orang–orang tersebut mengalami defisiensi vitamin D.

Penelitian menunjukkan bahwa 6–70% populasi Asia Tenggara mengalami defisiensi vitamin D. Sehingga konsumsi suplemen vitamin D berguna untuk mencegah defisiensi dan mempertahankan kesehatan tulang dan sistem imun.

Suplemen tulang juga baik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh wanita yang telah menopause. Hal ini dikarenakan jaringan tulang akan semakin lemah seiring terjadinya perubahan hormon.

Kebutuhan asupan vitamin D untuk orang dewasa adalah sebesar 15–20 mikrogram atau 800–1000 IU per hari. Sementara untuk kebutuhan asupan kalsium untuk orang dewasa sebanyak 1000–1200 miligram per hari.

5. Menjaga Berat Badan tetap Ideal

Mempertahankan berat badan ideal cukup penting agar Anda bisa terhindar dari beberapa risiko penyakit. Menjaga berat badan ideal juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko cedera pada tulang. Oleh karenanya, guna melindungi tulang dari risiko cedera, Anda disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal.