Tahukah Anda, kedua tangan kita berperan penting dalam penularan penyakit? Beragam patogen penyebab penyakit menular dapat menyebar dari orang ke orang lainnya hanya via tangan. Cuci tangan ialah salah satu aktivitas yang kelihatan remeh, tapi amat penting dikerjakan karena sudah terbukti tepat sasaran untuk mencegah penyebaran penyakit dan juga pengaturan infeksi. Hal ini dikarenakan tangan acap kali kali menjadi perantara bermacam-macam bakteri masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk rutin menjaga kebersihan diri, salah satunya dengan mencuci tangan yang benar.

Kenapa Wajib Cuci Tangan?

WHO menyerukan bahwa amat penting menegakkan slot qris upaya meningkatkan kebersihan tangan untuk menjaga kesehatan bersama. Sebagai figur, seorang penderita flu menutup hidung dengan tangan saat bersin. Lalu, orang tersebut mengontrol uang dan saat uang tersebut bermigrasi tangan karenanya saat itulah bakteri flu dapat lantas bermigrasi ke tangan orang lain. Sekiranya berikutnya orang tersebut mengontrol hidung atau mulut, bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Itulah ilustrasi alangkah mudahnya bakteri penyakit bermigrasi dari satu orang ke orang lainnya. Untuk itu, mari kita mengawali kultur cuci tangan supaya terhindar dari penyakit.

Sistem Cuci Tangan yang Benar

Cuci tangan yang benar harus mengaplikasikan sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer. Berikut ini ialah langkah-langkah cuci tangan yang benar:

Basahi tangan dengan air di bawah keran atau air mengalir.
Ambil sabun cair secukupnya dan lakukan 6 langkah berikut:
Gosok kedua telapak tangan
Gosok punggung tangan kiri dan kanan secara bergantian
Gosok tangan sambil mengunci kiri dan kanan
Gosok jeda ibu jari kiri dan kanan
Gosok ujung jari kiri dan kanan ke telapak tangan dengan memutar
Bilas tangan dan keringkan mengaplikasikan tisu dan matikan keran dengan mengaplikasikan tisu tersebut

Kapan Wajib Cuci Tangan?

Cuci tangan umumnya dikerjakan saat sebelum dan sesudah meraba apa saja. Berikut ini ialah sebagian figur waktu atau keadaan untuk cuci tangan:

Sebelum makan. Anda juga perlu membersihkan tangan sebelum, selama, dan sesudah memasak.
Setibanya di rumah sesudah berkesibukan di luar.
Sesudah mengontrol atau meraba hewan, walaupun hewan peliharaan sekali bahkan.
Sebelum dan sesudah mengunjungi orang sakit.
Sesudah batuk dan bersin.
Sesudah mengaplikasikan WC dan buang sampah.
Sesudah mengganti popok bayi atau menolong buah hati mengaplikasikan WC.

Menjaga kebersihan tangan bukan hanya perlu dikerjakan oleh orang dewasa, tapi juga buah hati-buah hati. Amat penting mengajari cuci tangan yang benar pada buah hati semenjak dini, terutama karena buah hati-buah hati acap kali meraba bermacam-macam benda atau permukaan sehingga kemungkinan paparan bakteri maupun bakteri setiap harinya amat tinggi. Lakukan pengerjaan mengajar cuci tangan bagi buah hati dengan menyenangkan. Semisal, dengan menyediakan sabun cair dengan warna menarik atau yang memiliki bebauan buah, memutuskan wastafel dan keran dapat diakses oleh buah hati, dan menunjukkan cara cuci tangan yang bagus dan benar.

Tentunya setiap orang tua mengharapkan sang buah hati dapat senantiasa dalam keadaan sehat. Sekiranya Anda maupun orang terdekat Anda terkena paparan bakteri maupun bakteri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dokter Siloam Hospital terdekat untuk mendapat diagnosis dan penanganan medis secara tepat.

Anda dapat mengaplikasikan fitur Cari Dokter untuk menemukan jadwal dokter, booking, dan buat janji dengan dokter berhubungan. Atau, pakai juga aplikasi MySiloam untuk mempermudah Anda berkonsultasi lantas dengan dokter secara online. Mari download aplikasi MySiloam dan percayakan kesehatan Anda dan keluarga #BersamaSiloam!