Air kunyit adalah salah satu minuman herbal tradisional yang dikonsumsi. Lalu, rebusan air kunyit berguna untuk apa?

Ternyata, rebusan air kunyit memiliki kandungan kurkumin yang berguna untuk kesehatan, seperti mengurangi inflamasi, meningkatkan sistem imun tubuh, dan menurunkan risiko kanker.

Air rebusan kunyit lazimnya aman dikonsumsi, tapi bisa slot

menyebabkan diare, mual, dan sakit kepala, apabila diminum secara berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, kenal manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan berikut ini.

Rebusan air kunyit berguna untuk apa?

Air rebusan kunyit ternyata sangat baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin.
Disarikan dari Medical News Today dan WebMD, berikut adalah beberapa manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan yang perlu dikenal.

  • Meningkatkan fungsi sistem imun tubuh

Kurkumin pada kunyit mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Kurkumin juga bekerja sebagai imunomodulator, yang bisa memegang keseimbangan sel-sel imun tubuh, termasuk untuk melawan kanker.

  • Mengurangi inflamasi

Air rebusan kunyit sering kali dipakai sebagai salah satu pengobatan herbal untuk mengatasi arthritis, atau radang sendi.

Kurkumin memiliki kandungan anti-inflamasi yang juga sangat tepat sasaran untuk mengurangi gejala osteoarthritis, malahan lebih baik dari obat medis dan tanpa efek samping yang serius.

  • Menyehatkan jantung

Kurkumin pada air kunyit bisa menolong untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL), serta kolesterol total.

Mengonsumsi kurkumin sebelum dan setelah melaksanakan operasi untuk penyakit jantung koroner malahan bisa menurunkan risiko serangan jantung.

  • Mengurangi risiko penyakit kanker

Telah banyak penelitian yang menggambarkan bahwa kunyit bisa dipakai sebagai salah satu obat anti-kanker.

Pasalnya, kunyit bisa memperlambat perkembangan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker, lebih-lebih di dalam saluran pencernaan.

  • Meningkatkan kesehatan otak

Kurkumin pada air rebusan kunyit bisa memperlambat atau mencegah terjadinya perubahan otak imbas penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Banyak ahli yang percaya bahwa kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya bisa mengurangi kerusakan sel, inflamasi, dan penumpukan zat amiloid, atau plak, yang sering kali timbul sebab problem kesehatan hal yang demikian.