Tahukah kamu, setiap orang memiliki Slot777 Online gejala berbeda untuk kanker payudara. Beberapa orang bahkan tidak memiliki gejala sama sekali. Meski demikian, tetap ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan.

Ada beberapa gejala yang mungkin menjadi penanda kanker payudara:

1. Benjolan di ketiak atau di payudara

Ini sering merupakan gejala pertama kanker payudara. Dokter biasanya dapat melihat benjolan pada mammogram jauh sebelum kamu dapat melihat atau merasakannya.

2. Pembengkakan di ketiak atau di dekat tulang selangka

Ini bisa berarti kanker payudara telah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut. Pembengkakan mungkin dimulai sebelum kamu merasakan benjolan, jadi beri tahu dokter jika kamu menyadarinya.

3. Nyeri dan nyeri tekan

Meskipun benjolan biasanya tidak sakit, beberapa dapat menyebabkan perasaan berduri di bagian tersebut.

4. Area datar atau lekukan di payudara

Ini bisa terjadi karena tumor yang tidak bisa kamu lihat atau rasakan.

5. Perubahan payudara

Seperti perbedaan ukuran, kontur, tekstur, atau suhu payudara.

6. Perubahan pada puting Anda, seperti yang:

  • Menarik ke dalam
  • Berlesung pipit
  • Merasa terbakar
  • Gatal
  • Mengembangkan luka

6. Keluarnya Cairan tak Biasa

Bisa bening, berdarah, atau warna lain.

7. Area seperti kelereng di bawah kulit yang terasa berbeda dari bagian payudara mana pun.

Ingat kalau gejala ini bisa terjadi karena penyakit lain yang bukan merupakan kanker payudara. Jika kamu memiliki gejala atau pertanda yang membuat kamu khawatir, maka pastikan langsung temukan dokter.

Tidak ada payudara yang sejenis, apa yang normal untuk kamu belum tentu normal untuk orang lain. Kebanyakan wanita mengatakan bahwa payudara mereka terasa bengkak atau tidak. Bagaimana payudara kamu terlihat dan terasa bisa terpengaruh dengan kamu mendapatkan menstruasi, sudah memiliki anak atau belum, penurunan atau kenaikan berat badan, dan juga pengobatan tertentu.  Payudara juga bisa berubah seiring perubahan usia.

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya bengkak di payudara, termasuk kanker. Tapi kebanykaan bengkak payudara disebabkan oleh kondisi medis lainnya. dua hal yang paling sering menyebabkan terjadinya pembengkakan payudara adalah kondisi payudara fibrokistik dan kista.

Kondisi fibrokistik ini menyebabkan perubahan yang bukan kanker di payudara dan bisa membuat payudara menjadi bengkak, lembut, dan sakit. Sedangkan kista adalah kantung kecil berisi cairan yang dapat berkembang di payudara.