Memulai program kebugaran mungkinmenjadi salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Aktivitas fisik bisa membantu kamu untuk mengurangi risiko penyakit kronis dan juga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Ini juga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan dan bahkan meningkatkan kebiasaan tidur dan kepercayaan diri.

Masih ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan memulai melatih kebugaran jasmani. Berikut ini kami akan menunjukkan lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk mulai program melatih kebugaran bahkan di rumah.

Melatih Kebugaran Jasmani

1. Mengetahui Tingkat Kebugaran

Pertama yang harus kamu tahu adalah seberaga bugar tubuh kamu. Tetapi menilai dan mencatat skor kebugaran ini bisa memberikan kamu tolak ukur untuk mengukur kemajuan. Agar bisa menilai kebugaran aerobik dan oto fleksibilitas dan komposisi tubuh, maka pertimbangkan hal berikut ini:

  • Denyut nadi Kamu sebelum dan segera setelah berjalan 1 mil (1,6 kilometer)
  • Berapa lama untuk berjalan sejauh 1 mil, atau berapa lama untuk berlari sejauh 1,5 mil (2,41 kilometer)
  • Berapa banyak pushup standar atau joker123 online modifikasi yang dapat Kamu lakukan sekaligus
  • Seberapa jauh Kamu dapat menjangkau ke depan sambil duduk di lantai dengan kaki di depan Kamu
  • Lingkar pinggang Kamu, tepat di atas tulang pinggul Kamu
  • Indeks massa tubuh Kamu

2. Rancang Program Kebugaran yang Tepat

Rasanya mudah untuk mengatakan bahwa kamu akan melakukan olahraga setiap harinya. Tetapi tetap saja rencana tersebut biasa tidak akan terealisasi dan membuat program kebugaran yang sudah kamu rencanakan sebelumnya gagal.

Untuk itu, perlu kamu pertimbangkan tujuan dari kebugaran yang mau kamu lakukan. Apakag itu untuk menurunkan berat badan, atau memang menjaga tubuh agar tetap bugar. Memiliki tujuan yang jelas bisa membantu kamu untuk mengukur kemajuan dan tetap termotivasi.

3. Siapkan Peralatan Pendukung

Kamu mungkin akan memulainya dengan sepatu atletik, di mana pastikan untuk memilih sepatu yang dirancang untuk aktivitas yang ada di dalam pikiran kamu. misalnya sepatu lari yang memiliki bobot ringan dibandingkan dengan sepatu cross-training yang lebih mendukung. Kalau kamu berencana untuk melakukan investasi di dalam peralatan olahraga, pilih alat yang praktis dan menyenangkan, sehingga kamu tertarik untuk terus menggunakannya. Pertimbangkan menggunakan aplikasi kebugaran untuk melacak aktivitas yang kamu lakukan.

4. Mulai Berolahraga

Sekarang kamu sudah siap untuk mulai berolahraga. Ketika kamu mulai program ini, maka ingat hal-hal berikut ini:

Mulai secara perlahan dan bangun secara bertahap. Beri diri kamu banyak waktu untuk bisa melakukan pemanasan dan pendinginan dengan jalan santai atau peregangan ringan. Setelah itu percepat sampai di kecepatan yang bisa kamu lanjutkan selama lima sampai 10 menit tanpa terlalu lelah. Ketika stamina sudah meningkat, secara bertahap tingkatkan jumlah waktu kamu untuk berolahraga. Lakukan ini dari 30-60 menit hampir setiap hari dalam satu minggu.

5. Pantau Kemajuannya

Ambil penilaian kebugaran kamu selama enam minggu setelah kamu memulai program dan kemudian setiap beberapa bulan. Kamu mungkin akan memperhatikan bahwa kamu perlu untuk menambah waktu berolahraga agar bisa terus meningkatkan kapasitasnya. Atau kamu mungkin terkejut saat tahu kalau kamu sudah melebihi target kebugaran yang selama ini kamu targetkan. Jangan sampai kehilangan motivasi dan terus tetapkan tujuan baru untuk melakukan aktivitas baru.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memulai program kebugaran untuk diri sendiri di rumah.