Saat ini semakin banyak orang yang mengeluhkan Slot 777 Login keluhan mata mereka karena terlalu lama memandang layar ponsel atau laptop. Sayangnya kedua hal ini tidak bisa lagi kita hindari mengingat banyak pekerjaan dan kegiatan yang mengharuskan kita untuk memandang layar lama-lama.

Untuk itu, kita harus menjaga keadaan mata agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebenarnya menjaga kesehatan mata di era digital ini tidak sulit, loh. Bahkan kamu bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa cara yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan mata.

Jaga Kesehatan Mata Sederhana

1. Memakan Makanan Bergizi

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memakan makanan bergizi, apalagi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, lutein zeaxanthin, dan zinc. Hal ini dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata. Yang lebih baik lagi adalah makanan yang mengandung gizi ini sangat mudah untuk didapatkan di wortel, bayam, brokoli, kacang, ikan tuna, salmon, dan telur.

2. Hindari Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Untuk tetap menjaga kesehatan mata, kita harus menghindari mengonsumsi alkohol dan rokok. Hal ini karena minuman beraklohol sangat tidak baik bagi tubuh secara umum. Ini secara khusus hubungannya dengan kesehatan mata, di mana minuman yang memiliki kandungan alkohol dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur kita, dan juga salah satu penyebab adanya mata panda. Rokok pun tidak baik untuk kesehatan paru, jantung, serta mata, di mana ini menjadi salah satu risiko terjadinya katarak dan degenerasi makula.

3. Membatasi Penggunaan Gadget

Saat ini penggunaan smartphone dikalangan masyarakat sangatlah tinggi dikarenakan kemajuan digital yang ditandai dengan lamanya penggunaan gadget. Jika kita terlalu lama menatap layar maka ini akan membuat mata kita menjadi lelah dan menyebabkan rasa perih, kering, gatal, atau bahkan penglihatan yang kabur. Jika tidak dengan cepat mendapatkan penanganan, penderitanya akan mengalami Computer Vision Syndrome atau CVS.

4. Menjaga Jarak Aman dalam Penggunaan Gadget

Saat kecil kita kerap kali diingatkan oleh orang tua untuk tidak menatap televisi terlalu dekat, hal ini juga berlaku pada gadget loh. Sebab itu, aplikasikan aturan 1-2-10, yuk! Yaitu jarak pandang dengan ponsel 1 kaki atau sekitar 30 cm, jarak mata dengan komputer 2 kaki atau sekitar 60 cm, dan jarak mata dengan televisi 10 kaki atau sekitar 3 meter.

5. Terapkan Rumus 20-20-20

Jika kamu merasa harus menatap komputer yang lama dikarenakan tuntutan dari pekerjaan, maka pastikan mata kamu mendapatkan istirahat yang cukup, ya. Sebenarnya kamu bisa menerapkan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit sekali mata wajib diistirahatkan sekitar 20 detik dengan melihat sejauh 20 kaki atau 6 meter.

6. Gunakan Lensa Kontak yang Higenis

Apakah kamu merupakan pengguna lensa kontak? Jika iya, maka jangan gunakan lensa kontak terlalu lama untuk menghindari terjadinya iritasi. Apalagi jika lensa tersebut tidak bersih, di mana ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi. Sebab itu, jaga terus lensa kontak untuk selalu dalam keadaan bersih dan jangan memakai terlalu lama.

7. Periksa Mata Secara Teratur

Terakhir yang bisa menjadi cara kamu dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan memeriksa mata secara teratur ke dokter mata. Dengan pemeriksaan ini, maka dokter mata dapat mengetahui mungkin terjadi masalah di mata kamu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata karena terlalu lama memandangi gadget.