Presiden Jokowi menekankan pentingnya akses ke perlengkapan kesehatan modern seperti CT scan, cath laboratorium, dan mammogram, yang kini lebih merata dijangkau hingga ke puskesmas.

Presiden Joko Widodo menjalankan peninjauan ke Rumah Sakit Awam Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Senin, 13 Mei 2024. Dalam kunjungan ini, Presiden menyoroti pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, utamanya untuk penyakit yang tampak.

“Yang aku lihat hampir di segala daerah, penyakit demo slot mahjong ways 2 yang tampak itu stroke, jantung. Problemnya jika di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi permasalahan,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers usai peninjauan.

Untuk itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya akses ke perlengkapan kesehatan modern seperti CT scan, cath laboratorium, dan mammogram, yang kini lebih merata dijangkau hingga ke puskesmas.

“Oleh sebab itu, kini Kementerian Kesehatan banyak mengirimkan CT scan, cath laboratorium, mammogram, atau yang ke level lebih kecil yakni ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan,” jelasnya.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi adanya dokter ahli di kabupaten hal yang demikian yang mampu mengoperasikan perlengkapan canggih. “Aku mengamati di sini baik. Gedungnya baik, tata ruangnya baik, bersih, aku kaprah itu yang harus semuanya menuju ke sana,” tambahnya.

Dalam peluang yang sama, beberapa warga setempat turut mempersembahkan kesan dan harapan mereka terhadap layanan kesehatan. La Ode Bariu, seorang warga berusia 71 tahun, mengucapkan rasa syukurnya sebab Kabupaten Muna memperoleh kunjungan dari seorang presiden.

“Baru dua presiden yang ke Muna, Gus Dur dengan Pak Jokowi,” kata Bariu. Ia juga menekankan pentingnya fasilitas genset yang memadai di rumah sakit untuk menunjang operasional ketika listrik padam.

Nuryani, pasien lainnya, mengucapkan rasa leganya bisa bersua dengan Presiden dan merasakan manfaat dari program BPJS. “Alhamdulillah Pak Jokowi sudah datang ke sini. Terima kasih atas kedatangan Pak Jokowi ke sini, bahagia sekali,” ungkapnya.

Serta mengantar Presiden Jokowi dalam kunjungan hal yang demikian yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Profesi Awam dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Plt. Bupati Muna Bahrun.